Selasa, 19 September 2017

Perpanjangan STR Online

Perpanjangan STR Online

Perpanjangan STR Online - Th. 2017 adalah th. yang paling terkesan untuk nyaris sekitaran 700an tenaga gizi di Propinsi Sulsel, pasalnya mereka mesti lakukan sistem perpanjangan Surat Tanda Registrasi atau yang umum disingkat dengan STR. 

Oh iya, STR itu adalah satu diantara kebijakan Kementerian Kesehatan yang tertuang didalam Ketentuan Menteri Kesehatan RI Nomor 46 Th. 2013 Mengenai Registrasi Tenaga Kesehatan, satu diantara pasal didalam ketentuan itu menyebutkan kalau : 

Tiap-tiap Tenaga Kesehatan yang juga akan menggerakkan praktek serta/atau pekerjaan keprofesiannya harus mempunyai izin dari Pemerintah. 

Untuk peroleh izin dari Pemerintah seperti disebut pada ayat (1) dibutuhkan STR. 

STR seperti disebut pada ayat (2) di keluarkan oleh MTKI serta berlaku dengan nasional. 

STR bisa diperpanjang tiap-tiap 5 (lima) th. sesudah penuhi kriteria 

Cara Mengurus STR Perawat

Berdasar pada ketentuan semuanya tenaga kesehatan termasuk juga di dlaamnya tenaga gizi harus mempunyai STR serta pada th. 2017 beberapa besar tenaga gizi itu mesti lakukan perpanjangan STR. 

Problem lalu keluar karna ketentuan menyebutkan kalau untuk perpanjang STR, seseorang tenaga gizi harus penuhi syarat-syarat, salah satunya adalah mempunyai 25 Unit Credit Profesi (SKP). SKP ini bisa didapat lewat 7 parameter yakni : 

Praktisi bimbingan gizi 
Pelaksana Gizi Orang-orang 
Pelaksana Gizi Industri/layanan boga 
Pengembangan serta penelitian 
Pendidik 
Pengelola/manajer 
Dedikasi Orang-orang 
Tidak semuanya parameter itu diatas mesti dipenuhi, cukup minimum 2 parameter serta tiap-tiap paramater maksimum terdiri atas 15 SKP. Bila kita meneliti dengan baik tiap-tiap parameter itu, jadi 25 SKP tidaklah suatu hal yang susah untuk didapat. 

Pelaksana gizi orang-orang umpamanya, bila mereka buat rencana aktivitas tiap-tiap th. jadi dia juga akan peroleh 1 SKP, jadi dalam 5 th. dapat menyatukan 5 SKP cuma bermodalkan dokumen rencana setiap th.. 

Setelah itu bila mereka buat laporan tahunan, jadi tiap-tiap laporan dinilai 1 SKP, berarti dari laporan tahunan itu mereka dapat peroleh 5 SKP sepanjang 5 th.. Nah dari satu parameter ini saja telah dapat terkumpul 10 SKP sepanjang 5 th.. Bekasnya 15 SKP dapat didapat mellui aktivitas Seminar, Workshop serta Kursus. 

Tatangannya lalu adalah bagaimana seseorang tenaga gizi bisa tunjukkan bukti fisik berbentuk dokumen dari tiap-tiap aktivitas yang mereka kerjakan ditempat kerja, apabila tenaga gizi itu teratur administrasi serta rajin mendokumentasikan tiap-tiap aktivitasnya jadi penyediaan dokumen atau bukti fisik tidaklah satu tantangan yang susah. 

Jadi telah siapkah kamu lakukan perpanjangan STR? 
SYARAT PERPANJANGAN STR PERAWAT 

1. Sudah tercatat jadi anggota PPNI Kota Banda Aceh (Bila telah tercatat, lampirkan Surat 
Info Aktif Anggota asli). 
2. Berkas diserahkan lewat Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Lembaga tempat bekerja (Minimum 25 
orang agar bisa dimasukkan ke sekretariat DPD PPNI Kota Banda Aceh). 
3. Sudah membayar iuran keanggotaan s/d Th. 2017. 
4. Foto copy Ijazah yang sudah dilegalisir. 
5. Foto copy STR yang sudah dilegalisir. 
6. Bukti Fisik Pengumpulan SKP asli. 
7. Form pelajari diri yang di keluarkan oleh Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Lembaga tempat 
bekerja. 
8. Surat permintaan verifikasi yang di keluarkan oleh Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Instansi 
tempat bekerja. 
9. Bukti setoran/Slip setoran asli serta fotocopy diserahkan sejumlah 1 lembar. 
Yakni : 
a. Setoran sebesar : Rp. 100. 000. - 
Lewat Bank BRI Nomor Rekening : 0193-01-001868-30-7 
a/n : BPn 182 PUSAT PENINGKATAN MUTU SDM KES 
b. Setoran cost Administrasi sebesar : Rp. 85. 000. - 
Dengan perincian : 
– Rekom STR DPD PPNI Kota Banda Aceh sebesar Rp. 50. 000, - 
(telah termasuk juga ADM pembuatan referensi SIK, Surat Izin Mengurusi STR serta cost verifikasi 
berkas). 
– DPW PPNI Aceh sebesar Rp. 35. 000, - 
Lewat Bank BRI Nomor Rekening : 0037-01-016198-53-5 
a/n : DPD PPNI KOTA BANDA ACEH 
Tuliskan info “Biaya administrasi STR“ ketika lakukan pembayaran. 

Note : 
Semuanya berkas dimasukkan dalam map (catat nama, No HP) 
Berkas diserahkan ke sekretariat DPD PPNI Kota Banda Aceh 
Tidak dibenarkan lakukan transfer lewat mesin ATM. 

***** 



SYARAT PEMBUATAN STR PERAWAT ONLINE 

Sudah tercatat jadi anggota PPNI Kota Banda Aceh dengan membayar iuran keanggotan sebesar Rp 360. 000, - Lewat Bank BRI Nomor Rekening : 0037-01-016198-53-5 a/n : DPD PPNI KOTA BANDA ACEH. 
Formulir pendaftaran yang telah diciptakan/print (asli serta foto copy). 
Unggah photo latar belakang merah di bawah 500 kb 
Foto copy KTP sejumlah 3 lembar. 
Cocok photo monitor merah ukuran 4 x 6 sejumlah 3 lembar ukuran 3 x 4 sejumlah 3 lembar 
Foto copy ijazah yang sudah dilegalisir sejumlah 3 lembar. 
Foto copy transkrip nilai yang sudah dilegalisir sejumlah 2 lembar. 
Foto copy sertifikat bukti lulus ujian kompetensi dilegalisir untuk lulusan bulan agustus 2013 ke atas. (spesial pengurusan STR versus ujian kompetensi untuk lulusan DIII serta ners) Sejumlah 2 lembar. 
Surat info sehat dari dokter 
Foto copy sertifikat sumpah perawat 1 lembar untuk lulusan September 2016 keatas.  
Bukti setoran/Slip setoran asli serta fotocopy diserahkan sejumlah 1 lembar. Yakni : 
Setoran sebesar : 100. 000. - 
Lewat Bank BRI Nomor Rekening : 0193-01-001868-30-7 

a/n : BPn 182 PUSAT PENINGKATAN MUTU SDM KES 

Setoran cost Administrasi sebesar : 75. 000. - 
Dengan perincian : 

Rekom STR DPD PPNI Kota Banda Aceh sebesar Rp. 40. 000,. 
DPW PPNI Aceh sebesar Rp. 35. 000,. 
Lewat Bank BRI Nomor Rekening : 0037-01-016198-53-5 

a/n : DPD PPNI KOTA BANDA ACEH 

Tuliskan info “Biaya administrasi STR“ ketika lakukan pembayaran. 

Note : 

Situs situs : kemkes. go. id 
Semuanya berkas dimasukkan dalam map (catat nama, No HP, Asal Kab/Kota) 
Kirim file photo monitor warna putih ke alamat e-mail : aceh@gmail. com 
Berkas diserahkan ke sekretariat DPD PPNI Kota Banda Aceh 
Tidak dibenarkan lakukan transfer lewat mesin ATM. 
Membawa amplop coklat sejumlah 1 lembar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar